Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Sunday, December 30, 2012

Politik Kapitalis

Gue mau mencoba cerita yang nggak tahu persis definisi sebenarnya, cuma menurut Gue aja. Dan moga aja tujuan saya bukan untuk mendiskreditkan, menjelekkan pihak manapun. Dengan dasar "katakan yang benar jika itu benar, dan katakan salah jika itu salah walau pahit rasanya". Bicara benar yang bagaimana? harus ada bukti.....fakta.....ilmiah....nalar-sehat...... dan sebagainya sebagai syarat tentunya. Wah Gue takut salaah Niiih!!!! (Tiba-tiba ada bisikan gaib berbicara "Kalau kau hanya diam saja....maka aku salahkaaaan!!!!)

Nih....ada cerita lucu Gue:
Tadi sore ada petugas listrik datang ke rumah, sekitar jam 4 sore lho tagihan listrik lagi. Baru kemarin sudah ada surat tagihan, muncul tagihan lagi. Gue tanya, "lho Pak, kemarin kan surat tagihannya sudah saya terima?". Entah jawabannya apa?, intinya mengatakan bulan Desember adalan bulan Tutup tahun jadi harus dilunasi bulan ini juga, bayar titip sekarang bisa atau hari besoknya sebelum jam  11.00. O-o......begituuu, aku pikir ini Minggu kan hari Libur 31 Des ya hari kejepit katanya...kok ya "ndungzax-ndungzak". Guepun titip bayar saat itu langsung. Eh..... terbersit pikiran jelek juga, dikorupsi nggak yah?.

Yang berkesan dari beliau Petugasnya adalah katanya, "Sekarang Mas kalau sampai telat 3 bulan meteran langsung diganti yang model pulsa lho...itupun dengan syarat tunggakan yang 3 bulan dilunasi". Lha terus Gue tanya "Kalau ganti meteran pulsa sekarang gratis nggak Pak?". Jawabnya, "Ya,.... ada biayanya Sebesar Rp. xxx.xxx,- kurang lebihnya". "O...kalau begitu, saya harus nunggak 3 bulan ya Pak kalau pengin yang gratis?". "Iya.....yahh!!!" , Beliaunya tertawa juga. Ha...haa...haa. ha...
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dalam Perundangan Negara Indonesia Gue masih ingat-ingat lupa....bahwa "Bumi, air dan kekayaan alam yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara". Ya tidak salah PLN mungkin salah satunya. Namun kan ada saja, suatu system ada kelemahan atau kekurangannya. Yang paling sekarang Gue pikirkan adalah hak KEMERDEKAAN dari system Kapitalisme yang saya anggap menjah-jah, apapun alasannya. Misal Anda boleh punya hak pakai, tapi Anda diWajibkan bayar!!, atau dengan kalimat "kaprah", "Hari Gini udah Nggak ada makan siang Gratizz....!!!"

Sebagai perwujudan tekad UUD '45 yang mengharapkan masyarakat adil dan "makmur-sejahtera", Gue punya Opsi/pilihan jika Rakyat di beri pilihan fasilitas Vital/penting yang baik  yang bayar atau yang GRATIS saya kayanya yakin 99,99% pilih yang gratis. Coba rakyat di beri polling dengan pilihan kemudahan atau tanggungan biaya. Gue hanya mengamati secara sepintas saja bahwa listrik sekarang menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Sehingga secara kausalitas/sebab-akibat, lha bagaimana bisa mencukupi kebutuhan yang tingkatnya lebih tinggi padahal usahanya hanya untuk mencukupi kebutuhan dasarnya saja berat.

Baru saja Saudara Gue singgah di gubug derita gue mengatakan orang luar sono yang sudah maju katanya beda banget dengan kita-kita. Mereka, waktu banyak digunakan untuk karya-pengetahuan dan riset. Lha kita-kita bisa-bisa bagaikan "ayam mati dalam lumbung", otaknya yang mati lho.

Salah satu solusi listrik gratis adalah buat listrik sendiri, Iya kaan. Jangan pasang listrik PLN, sehingga tak salahkan PLN kalau ada pemadaman listrik.

Temukan Sumber listrik baru yang bebas dan lebih murah juga ramah lingkungan....
Temukan Sumber daya bebas dan ramah alam....
Temukan system-system yang adil dan berkemakmuran....
Pilih Jaman Ke-emasan atau Neraka Dunia yang mematikan yang kita cari....

// Pernyataan-pernyataan terdengar konyol juga ketika listrik padam cukup lama, "Wah.... kiamat lagi listriknya".

// Dan kayanya sih bahaya banget seandainya terjadi jika sentral/pusat pembangkit macet atau piranti akses energi listrik pusatnya trouble, maka seluruhnya dijamin kiamat, eh...padam maksudnya.

// Konon ketika kejadian gempa dan tsunami melanda, , karena Sumber daya listrik utama dan hanya didominasi oleh PLN, dan tidak ada kesiapan dari rakyat untuk menyimpan sumber listrik cadangan, akibatnya terus-gelap, gelap-terus; yang tadinya terus-terang dan terang-terus.

-----------------------
Kapitalisme yang jahat/penjajahan  harus dihapuskan, karena tidak berperikemanusiaan dan........

----------------------- wah otak gue sedang low Batt -------- mau saya charge dulu yach-------

---------I am sorry "sdah nguaanntuuuk"---------

0 comments: