Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Friday, February 11, 2011

Buat Digital Drum Lagi

Langsung..... Gue lagi ngoprek buat modul Analognya dulu, masalahnya ya,.... setahap demi setahap memang. Kali ini agak rumit,,... tapi cukup menantang.....lho kok menantang. Ya....iyalah habis sudah pakai thethek bengek macam persyaratan....Hik,,, kayak mbah Dhukkun aja...! Kali ini sudahh pakai pemrograman dengan Mikrokontroller lagi. Pokoknya dijamin pusing, tapi kalau berani ya jangan takut, kalau takut ya jangan berani-beraninya


Langsung saja, yang kemarin Drum Digital saya yang saya konversi dari tombol keyboard sudah 85 persen pokoknyalah... masalahnya masih perlu buat "pedhal" sendiri. Habis di toko harganya dari Rp 450 Ribu s.d 1 jt lebih. Latihan nggirit + sedikit kreatiflah, yaah ...hidup ngirit meski buanyak dhuit...!. Toh menurut saya...yang saya buat tidak kalah .....Cuannggihnya dengan yang hargannya mahal. Yang jelas kepuasan tersendiri,.... dan yang tak bisa dinilai dengan uang.



PCB Analog Drum baru saya buat, saya beri nama Analog Drum "Gedhubrak" wkw kwk wk....

Ini layout pcb Edrum Modul Analog yang baru saya buat, 1 IC untuk 4 input...Berarti 4IC, bisa untuk 16 input/masukan. Skala PCB 190 x 110 mm

Saya kasih link-nya saja ya... masalahnya gbr skemanya berupa file pdf. Di sini http://www.edrum.info dan masih ada link-link lain yang bisa untuk sebagai referensi.


Langkahnya:
  1. Skema rangkaian di buat dengan Aplikasi yg aku pakai Diptr*** 1.40 dari skemattik editor lalu dikonversi ke PCB layout.... Di Autoroute modul dasarnya, lalu saya edit secara manual.
  2. Jika sudah jadi layout PCB lalu di Print dengan Laser Printer, buat klise/film untuk disablon ke papan PCB-nya. Jika selesai ya teruuuss.... diselesaiikann.
Kalau Drum Digitall yang murah meriah kemarin, cuma modul keyboard, lalu pakai papan PCB soket.

====================== dilanjuut lagi....

Oooalaah..... ada yang kurang pada pcb yang saya buat di atas. Kurang line input untuk ke piezoelektriknya, tapi gampang diselesaikan, yaitu pada pin/kaki ujung pada c 100nf yang berhubungan dengan diode BAT85



PCB Power Supplainnya, dan Layoutnya:


Ini dia... yang masih Gue "Othaq-athiq", Eh....data pustaka komponen ada yang kurang juga....Jadinya ya harus buat sendiri. Port Midi entah seperti apa....yang penting buat saja.


ini info dari e-mail saya.... biaya kallau mau beli dari boss Admir Salahovic :

Hi,

We are talking about new eDrum 24 design, not available online, and a
custom firmware for it, with many improvements over the old one. In
short: 24 analog + 8 digital with 6 cymbal chokes. I have only a few
of PCBs left, and I'll charge you a fair (ie. factory) price +
shipping costs.

- eDrum 24-USB PCB = 60 euro.
- PIC with latest firmware = 20 euro.
- Shipping, insured = 10 euro (EU), 20 euro (USA).
- Detailed Manual included

Payments can be made free of charge inside EU to my bank account
(Madrid, Spain). I also accept Paypal as alternative.


Please find attached a couple of pictures of eDrum24 PCB and a drum
kit I used to test it.

=========================================================
Malam Minggu 12-02-2011, jadinya pcb seperti ini niiihh..........




Ini layoutnya



Rangkaian RS-232 dan expansi saya buat terpisah :





============================================

Tinggal cari kompoen-komponennya IC PIC, Kristal dan semuanya. Kalau ada lengkap baru akan saya buat PCBnya..........................................................

=============================================
Ini pcb rangkaian expansinya :






===========================================
Di bawah ini adalah proses saya bolak-balik, mutar-muter berkali-kali sampai pusing. Dibuat Outoplacement dan diautoroute Eh....malah banyak jumpernya. Bagaimana kok bisa jadi?
Caranya saya buang dulu IC 2 dan port in-nya, lalu saya Placement secara manual, terus saya Autoroute. Jika sudah, hasil autoroute yang tidak efektif/salah dibetulkan atau diedit lagi secara manual, hasil routing yang sudah jadi lalu dicloning/copy dan dirouting manual lagi sampai selesai.



=============================================================

Waah ...ini link yang pas buat referensiku :
http://www.morse-code.com/id208.htm (buka di jendela baru)


Buatnya Januari 2010 = setahun yang lalu, sukanya ketinggalan Gue.....Baru tahu siiih....


5 comments:

Unknown said...

bang gimana udah jadi proyek edrum yang pake pic16f877 nya?saya juga bikin tapi masih belum berhasil masukin firmwarenya, bisa dishare ga nih barangkali ada masukan...

Unknown said...

bang gmn proyek edrumnya?saya lagi bikin edrum pake pic16f877 juga, tapi masih kesulitan masukin firmware ke mikronya. bisa dishare ga barangkali ada masukan gagal terus pake rangkaian downloader picnya nih..

MadN.Sodik said...

Ya...baru tahap menguji dulu pakai simulator proteus, yang saya gunakan versi 1.65 eDrum 22 Channel. Akan saya tunjukkan lewat postingan saya selanjutnya menguji eDrum dengan Proteus... Saya lihat ada 1 channel yang tidak aktif, entah mau saya amati dulu masalahnya.
===========================
Saya sudah cek hardware sudah ada lengkap di Toko Elektronik di Kota saya, ya pastilah siap membuat...

MadN.Sodik said...

untuk PIC Programmer bisa Anda gunakan Multi Pic Programmer 5 Ver.2,
ini linknya : http://feng3.cool.ne.jp/en/pg5v2.html

bocah langit said...

cara pake nya gmn mas ? tuolong dong butuh bgt bwt home recording, lumayan nambahin penghasilan.