Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Monday, December 17, 2012

Ide dari Si Kunang-Kunang



Baru kemarin tak sengaja ketemu dengan Kunang-kunang, terbersit teori yang mengatakan bahwa energi bersifat kekal, yaitu "energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan"...... Alaaah....mbuh..!, yang penting kekagumanku dengan Sang Maha Pencipta. Dan sepertinya dengan hal itu tiba-tiba seolah sebuah ilham...yang mengatakan ayo....ayo....ikuti-ikuti,..... coba-dan-coba!

// bahasa oh....bahasa...terlalu banyak bahasa jadinya Gue bingung sintaxnya

/* akan saya coba hitung pelajaran bahasa yang masuk di otak saya.
1. Bahasa isyarat; dulu pada saat gue masih beby githu....kalau alarm nuangis, berarti biasanya sensor salah-satunya pertanda ngompol.....hiks. sampai sekarangpun gue masih sering menggunakan bahasa isyarat kalau diperlukan, he....he....he...he. 
2. Bahasa tubuh, adalah perkembangan dari bahasa isyarat. Kalau dianalogikan eh....diumpamakan, bahasa isyarat adalah bahasa mesin yang hanya mengenal logika 0 dan 1, ya dan tidak, ada arus atau tak ada arus. Nah perkembangannya supaya mudah dipahami dan tidak "njimet", diperlukan bahasa yang dapat digunakan untuk menginterpretasi informasi agar bisa diolah. 
Lho kok gitu? apa malah tidak terbalik? lha ...kalau terbalik bagaimana? 
Mudah! ya tinggal dibalik aja!!! Githu aja kok reepooot!!!
3. Bahasa Lisan, adalah (yah lisan kan bagian dari tubuh kaaan!).......bahasa ucapan lidah kita kalau sedang "ngomong". Bahasa Lisan yang Gue kuasai juga unik, bisa menirukan sebagian besar spektrum Audiosonik, seperti menirukan suara binatang, suara angin, dan suara alam yang lain. 
Dan setelah gue amati perkembangan bahasa lisan Gue juga makin banyak. Bahasa Jawa saja, karena dilahirkan didaerah berlogat "ngapaknya", ternyata harus dituntut menguasai dengan bahasa unggah-ungguh "basa-krama", dengan statement "nguri-uri budhaya basa Jawa". belum lancar bahasa lokalnya, terus pelajaran  bahasa Nasi-onal, yaitu bahasa Indonesia, dituntut juga harus bisa yang baik dan benar sesuai dengan EYD.
Meningkat selanjutnya adalah belajar bahasa ASING. Bahasa Arab, meski bahasa asing tapi bahasa yang Gue pakai tiap harinya, khususnya ketika sholat dan berdoa. hua...haa...ha.....ha...

...."This is a book", adalah pertama kali pelajaran dalam bahasa Inggris di SMP Gue dulu. Lha sekarang anak TK dan SD saja diajari bahasa Inggris.
4. Bahasa tulis......lha ini Gue sedang nulis....pakai bahasa PLANET
5. Bahasa Elektronik dan Komputer, 
    bahasa elektronik praktek yang gue lakukan mencet saklar agar hidup dan mati lampunya, berkembang buat lampu flip-flop, buat counter/pencacah. Pelajaran Analog dan Digital otodidak Gue lakukan karena hobby.

Bahasa Komputer. Dulu pernah kursus beberapa hari DOS, WS. Lotus. Basic. Dan sampai sekarang bahasa DOS eh....masih terpakai juga. Ada dir, copy, cd, md, rd dan kawan-kawan. Di OS Windows sebutannya yang masih Gue ingat dengan Command Prompt-nya, Eh di Linux masih banyak jenisnya pula ada sebutan Terminal, tapi tak ada Stasiun Kereta.

Gue dulu coba-coba blajar tapi ngGak pinter-pinter: VB, pascal, Flash, html,
Lha sekarang masih ngoprek bahasa PHP, SQL, Java,

Sekarang sibuk latihan ngoprek dan bongkar-pasang Framework: ada Prestashop, Moddle, Jomla, Wordpress etc, disela-sela waktu....Eh waktu yang Gue paksa disela-sela....Hiks.

............ ini teks komentar tidak diproses dalam alur program */
//-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kembali ke cerita Kunang-kunang
Gue ada Ilham .... mau merancang ide, eh..... ide dirancang. Bagaimana gerakan badan untuk dapat menghasilkan energi listrik?, sehingga bisa untuk mencharge/mengisi baterai. Mungkin bisa disebut energi alternatif atau bukan yah?

Sudah menjadi fakta ciri makhluk hidup adalah bergerak, bergeraknya karena perubahan energi. Nah ini yang Gue otak-atik agar dapat menghasilkan konversi energi yang dibutuhkan.

Gue membayangkan variasi gerakan yang bisa dimanfaatkan :
1. pijakan kaki. Berapa watt rata-rata energi listik perhari yang dapat dihasilkan oleh pijakan kaki seseorang?
//---------------------------------- istirahat dulu bahasa tulisnya-------langsung praktek-------------
/* -   Learning by Doing  (bahasa Inggris)
    -    Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
    -    Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.,                      خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ
    -    Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,                                   اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ
    -    Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,                                الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
    -    Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.            عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

 */
// Meneruskan Eksperimen   ......Thomas A. Edison.....





0 comments: