Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Sunday, January 23, 2011

Buat Digital Drum Murah Meriah



Ini Uji coba ....yah belum selesai dooonk........
================================================

Sudah lama saya bermain-main dengan Aplikasi Digital musik FL Studio, dari versi 3.4 sampai sekarang versi 9.7, Yah... asyiknya banyak plugin dan fitur yang bisa di tampilkan.

Tak sengaja kemarin aku mencoba pakai Digital Drum kebetulan bermerk Yamaha, di sebuah swalayan, dan kutanyakan pula berapa sih harganya?. Jawaban cukup singkat dari pelayan, cuma 21 jt katanya.

Sampai di rumah aku berharap bisa beli, tapi kok mahal....apa tidak bisa buat sendiri pikirku.

Aku pun memutar otak, kenapa tidak....lalu ku-planning rancangan drum digital yang akan saya buat.
Bagaimana yah...?

Ini sih baru ide,....tapi saya yakiiiin pasti bisa....!

Biasanya saya memainkan instrumen lewat keyboard QWERTY, akan saya buat hardware sebagai modul Drum Digitalnya.

Ada 24 tombol yang akan saya konversi

Contoh saya ambil dari: http://www.edrums.info/rock_band.htm





http://www.drumjunction.com/drum_module.html

Alat Hardware dan software yang dibutuhkan :
1. PC/Laptop/Netbook Windows RAM 2GB Multimedia
2. FL Studio XXL Edition
3. Speaker aktif
4. Keyboard USB (dibuat modul, 24 Input)
5. Kabel Konektor + Jack plugin
6. ..........

Kelebihannya Setting/pengaturan suara Drum yang bisa di atur, bisa diberi effek, bisa disimpan presetnya, direkam di pattern, dan bisa dijadikan song.

Buat hadiah Si kecil 1,5 th dan yang 5 th, supaya bisa nggebug Drum.....
========================================================

Yihaaaa............


Modul dalam sehari semalam sudah selesai dibuat, wah...wah...sesuai harapan, 24 input suara drum sudah bisa dijalankan.

Tak ada rotan akarpun jadi, begitulah yang telah saya praktekkan. Kotak saya gunakan box plastik makan anak warna merah.

Masih ada PR buat alat yang di "Gebug", di-injak, dipencet dan yang dipukul. Sementara masih saya tes pakai saklar mikroswitch.

Eh mau saya ambil screenshotnya tapi batterai kamera lagi habis, besok lagi lah yaooouw.......

=======================================================

Hari Kamisnya tgl. 03-02-2011 saya jalan-jalan cari perlengkapan lain. Eh....nemu juga bentuk yang dipukul yaitu piringan dari karet cuma ukurannya 7 inch, saya beli 2 karena memang tinggal itu thok yang bentuknya sesuai. Sebenarnyakaret itu fungsinya untuk alat poles di bengkel kata penjualnya di swalayan.

Mau cari busa tipis, nasib lagi sial, toko busa tutup semua, maklum hari Imlek mungkin.

Di swalayan juga saya mau beli "pedhal Kick" ehh ternyata tidak boleh karena harus beli set-setan dengan drumnya.
=========================================================
Hari Sabtu, 05-02-2011

"Nyopot" beberapa Piezoelectric untuk sensor.
Beli 6 buah IC CMOS 4066/4016 (4 buah) dan (2 buah) buat men-switch dari sensor piezoelectriknya.

Mau buat model set Drum Digital Portable, biar mudah dibawa-bawa buat mainan Si Kecil ....

=======================================================



5 comments:

andi said...

sofware bwt laptopnya pake apa ya yang bisa diinstal di windows 7 64 bit....kalo punya bolehngopy donk....hehe2

MadN.Sodik said...

Download aja, FLStudio versi 9.xx XXL Edition Full Version sudah ada, Bisa untuk Win7_64Bit.

jeli said...

gimana mas ??

drum digital made in sendiri nya sudah jadi ??

boleh saya dikasih langkah2 dan bahan2 yang dibutuhkan...

mau bikin juga..
klo beli mahal sangat soale...

terima kasih sebelumnya...

jenderal said...

drum nya sudah jadi kan mas ??

boleh saya minta tutorial langkah pembuatan dan bahan2 yang diperlukan ??

mau buat juga ni soale.. :)

Unknown said...

mas itu keyboard usb pc kah yang dibuat conversi??