Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Tuesday, March 01, 2011

Buat PCB Modul Edrum USB Keyboard (2)

Buat yang mau coba-coba membuat Edrum :

Pembuatan Digital Drum murah meriah setelah saya uji dengan PCB soket....dan ternyata ehhhh ...jadi....maka kegiatan saya lanjutkan dengan pembuatan PCB., biar rapi githhuu looohh....

Dasar skemanya :


Lalu saya susun tata letak komponen dan routingnya.....


Saya print dan saya cocokkan ukuran komponen, jika ada yang tak sesuai......


Berikut PCB dari USB Keyboard, saya ambil beberapa pin ke Kbd1 dan Kbd2.



Dan Outputnya adalah A - A1; B - B1 pin berhadapan, sehingga ada 24 channel.






Yang menarik pada Plugin Fruity DrumSynth Live adalah banyaknya menu, tombol dan fasillitas lain sehingga bisa untuk membuat macam suara perkusi, seperti cymball, hit-hat, crash, kick , gong, dlsb ......dengan copy paste lalu mudah untuk memodifikasinya......

========================================================

Cara merangkai:

Saya beri gambaran sederhananya


==================================================

Untuk power supply, saya cukup dari Kabel USB, jadi tidak ada power tambahan, semua 5Volt bisa jalan.


Ada perbaikan sedikit untuk sensitifitas sensor piezo, pada input trigger IC switch analog 4066, C 100n diparalel dengan R 1M ohm.
=========================================================

5 comments:

Easy Go GPS said...

Wah, ini yang selama ini gw cari, thanks gan buat ilmunya, untuk pad drumnya agan pake apa?

Fery said...

Mas 12 input keyboard koq bisa jadi 24 input piezo elektrik ?

bukannya kalau mau 24 input Piezo elektrik maka input ke keyboard usb-nya juga 24 input ?

12 input juga cukup sih buat digital drum (pedal bass, snare, hit hat, pedal hit hat, low tom2, hi tom2, bass tom2, low cymbal, hi cymbal)

MadN.Sodik said...

Buat Fery, Pin ABCD dan 12345678 adalah sistem matrik tombol pada usb keyboard, coba kombinasi 2 pin antara ABCD dengan 12345678 pastilah bisa lebih dari 24. Dan itupun kita harus ikuti kodifikasi sistem yang sudah ada dari keyboard usb itu...

dani said...

pasti keren nih, tp masi bingung liat skema-nya BOM nya juga nggak jelas, skema lengkapnya dong mas,...

terimakasih,

hardi said...

Ini dia siiip.mantap gan.terima kasih