Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Thursday, December 20, 2012

Modul Mesin Cuci Rusak?

Sudah beberapa kali system otomatis pada modul mesin cuci top loading merk Samsung Gue error. Entah mengapa? beberapa kali terjadi kegagalan kendali pada fungsi tombol-tombolnya. Dan sialnya terakhir ini tak berfungsi, dimatikan saja tak bisa, jadi harus dicabut steker pada stop-kontaknya. Tak ada kode error apapun pada tampilan led 7 segmennya, dengan modal nekat Gue terpaksa ingin membongkar modul mesin tersebut. Sebelum membongkar, Gue cek pengkabelan....Eh mungkin ada "condhol" atau tikus yang menggerogoti kabel-kabelnya....eh ternyata tidak.

Kenapa rusak?, ini yang menjadi tanda tanya umumnya jika menghadapi kerusakan pada alat.
Kalau menurut kira-kirapun harus berdasarkan obyek permasalahannya:
1. mungkin cacat produk dari pabrik.
2. alat/komponen sudah pikun, eh....apa yah? aus atau lemah, atau bosan hidup. Hiks.
    Menurut dongeng, pabrik memprogram buat komponen bisa ditentukan masa/umurnya, mungkin biar beli yang baru lagi kaleeee..... Produk buatan dulu ceritanya lebih awet. Lha produk sekarang cepat rusak.
 3. aksi preman "condhol" atau tikus yang nguaaammmuk, motong-motong kabel dlsb.
 4. akibat bencana alam, mungkin tsunami....gunung meletus....banjir......gempa bumi......kebakaran......"samber gludhug" atau kena petir.
 5. karena kecerobohan, kaya Gue bukannya memperbaiki malah menjadikan rusak. Modul dijungkit sampai jalur pada pcbnya banyak yang putus.
6. Korsleting, sebab kemasukan air, cicak atau yang lain.
7. dlsb...
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Setelah Gue lokalisir masalahnya, sepertinya Gue meng"kambing-hitamkan" pabriknya, buat kualitas modul jelek... Lha tak ada tanda-tanda faktor lain yang menyebabkan kerusakan. Komponen cepat pikun atau aus, wah repotnya ketika membongkar, sampai bok Gue potong-potong untuk memudahkan pengambilan board/papan pcbnya. PCB dilapisi atas dan bawahnya dengan lem silikon dengan ketebalan + 8mm.

Mau beli modul universal takut cepat rusak juga..Habis kemarin beli modul charger laptop 2 kali juga baru beberapa hari sudah mampus; diperbaiki oleh teman juga belum jadi malah voltasenya melonjak-lonjak, untung terus Gue cabut dari netbooknya, kalau tidak netbook ikut-ikutan rusak. Memperbaiki sendiri sedang malas, Gue coba perbaiki ke teman yang profesinya tukang service mungkin lebih cepat dalam memperbaiki.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seharian Gue mempelajari system kerja modul otomatis mesin cuci ini. dengan harapan bisa memperbaiki ataupun merombaknya dengan cara lain. Cari referensi ke berbagai alamat di dunia maya, dan datashet komponen pun gue simpan dari hasil penelusuran itu.

Sementara gue coba mencari cara sederhana dulu.
Merancang Pulsator dengan periode 2 detik


Merancang Pulsator dengan periode 4 detik

coba simulasi rangkaian dengan Multisim Portable







0 comments: