Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Tuesday, November 20, 2012

Netbook, Laptop Kosongan

Beberapa kali saya amati di beberapa toko Komputer berbagai spesifikasi Netbook dan Laptop yang dijualnya dikatakan banyak yang masih kosongan meski sudah terinstal OS Linux. Kesimpulan saya, yang tidak kosongan adalah yang sudah terinstal OS Ms. Windows. Dan Komputer yang dikatakan berisi tersebut juga ternyata masih perlu di pasang/install banyak aplikasi lain yang cenderung bajakan juga.
Dan mereka sang pembeli, sudah mulai kritis menghitung selisih harga antara yang kosongan dengan yang sudah berisi OS Windows. Cuma anehnya ketika saya tanyakan CD original Ms. Windowsnya mana? jawaban dari tokonya, bahwa itu sudah paket install dengan Laptop/Netbook itu. Lha kalau nanti install ulang bagaimana? pakai yang bajakan, kan?

Mungkin mereka yang sudah tahu meski di OS Windows, banyak aplikasi yang free dan opensource bisa digunakan. Contoh aplikasi :
1. Aplikasi Perkantoran bisa menggunakan OpenOffice atau LibreOffice untuk menggantikan Ms. Office
2. Aplikasi Grafis Gimp untuk menggantikan Adobe Photoshop misalnya
3. Aplikasi Grafis Inkscape dapat untuk menggantikan CorelDraw
4. Aplikasi Pemampat File dengan 7zip dapat untuk menggantikan winzip dan winrar misalnya.
5. ......dan sebagainya......

Coba kita pikirkan pertanyaan berikut:
1. "Apa salahnya kalau saya pakai produk bajakan?"
2. Apakah ada akibat buruk jika saya pakai produk bajakan?

 Untuk menjawab dengan benar tentu saja harus ada dasarnya. Masalah pertama menurut saya tergantung berbagai kondisi:
  • Pengguna yang belum tahu masalah original atau bajakan, namun pada kasus yang lain tahu atau tidak tahu, jika aturan sudah ditegakkan maka yang bersangkutan akan dikenai sanksi, contohnya adalah aturan lalu-lintas; Jika ketahuan ditilang. Pihak yang merasa dirugikan bisa saja menggunakan aplikasi/update yang bisa mendeteksi komputer pengguna terpasang aplikasi bajakan atau tidak, jika ya maka siap-siap ditilang/diinfeksikan dengan berbagai macam istilah bentuk worm, trojan, virus, dsb. Pernyataan tersebut saya baca ketika saya menginstal OS Ms.Windows 7. Dan kayanya terbukti ketika saya menginstal MSEinstall untuk membersihkan virus miliknya mirosoft, banyak aplikasi yang terinstall hampir semuanya error.
  • bukan jaminan software original bebas dari virus, apalagi produk itu bajakan jelas lebih rentan dari virus dan kroni-kroninya.
  • mungkin sekarang kita dibuat terlena, karena masih aman-aman saja, tapi siapkah dengan ranjau atau bom waktu yang terpasang sebagai alat deteksinya yang siap meledak?
  • Produk bajakan bagaikan candu, yang menjadikan efek kecanduan atau ketagihan. Efek kepuasan bisa menggunakan dan tanpa ada rasa bersalah ataupun rasa malu. Yah.....karena saya juga masih sulit melepaskan kecanduan itu ......hiks. Siapa yang salah? PENDIDIKAN!!!!!, Pengawasan, Peraturan atau Siapa?
  • ........................

 Uninstal jadi Error
Aplikasi jadi Maceeet.......!!!!!


Ada dan saya kira banyak yang mengecam para pembuat virus, dan salah satu komentar yang masih saya ingat....mereka mengutuk "moga-moga programmer virus jahat MANDUUUUL........ 7 turunan-7 tanjakan !!!"









0 comments: