Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Friday, November 23, 2012

Migrasi ke OpenSource

Awalnya saya dulu berlangganan majalah InfoLinuk lebih dari 2 tahunan, dan bonus keping CD dan DVD yang sering diburupun menumpuk. Seiring dengan waktu akses Internet makin mudah dan murah kini lebih fleksibel/mudahnya cari sesuatu informasi dari Internet sesuai dengan kebutuhan.

Praktek dan praktek berguru kepada Tutorial kadang gagal, namun seringkali berhasil. Itulah yang membuatku ada semangat untuk "Kemerdekaan dalam belajar".



Semangat Migrasi ke OpenSource


"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Atas berkat rahmat Alloh Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.
Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan bangsa Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."
 Beralih ke Linux Ubuntu Ultimate 3.4, meski saya instal menggunakan VirtualBox; masalahnya netbook kan tidak ada DVD-romnya. Dengan VirtualBox, ISO file UE3.4 bisa saya mount langsung ke DVD Virtualnya untuk bisa boot langsung dari DVD tersebut.

Untuk Game Edukasi saya Install Gcompris, dan alhamdulillah di Linux di buka semua fasilitas game yang berjumlah 124 macam game pendidikan untuk anak, jika di ms.windows masih banyak yang diLock/dikunci.

Saya install juga Perangkat Lunak Islami yang bernama Zekr, yaitu GUI Murotal Al-Qur'an digital.





0 comments: