Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Sunday, October 03, 2010

Kalkulator LM317 dengan NetBeans 6.9.1

Pusing ngoprek Blog, entah masalah setting Blogger yang mungkin versi lama atau script pada javasripnya, habis gagal terus mencoba buat kalkulator online LM317 di Blog. Kucoba pakai Aplikasi Pemrograman Java untuk membuat alat penghitung sederhana ini:
  • Pertama kucari di youtube.com, eh ketemu juga setelah kumasukan kata kunci pencarian "java calculator simple netbeans" yah... dengan sedikit modifikasi sudah sesuai yang aku harapkan.
  • Tiba-tiba muncul lagi masalah, bagaimana cara memasukkan image/gambar png ke JFrame. Kuulangi lagi pencarian di Google dengan kata kunci "insert Picture on JFrame", buka satu demi satu link yang mungkin sesuai harapan, dan.... akhirnya ketemu juga. Ternyata cara memasukkan image ke dalam JFrame adalah dengan Drag label di Swing Control pada Palette, lalu klik kanan --> properti, dan pada Label Properties pilih icon, lalu pilih browse untuk memilih image yang akan dimunculkan. Edit dulu image agar skalanya tidak terlalu besar.


V.Out 19 volt saya perlukan untuk menurunkan tegangan dari 24 Volt Baterai Eksternal, untuk mencatu netbook. Dan mungkin saya coba dulu dari Voltase 12 Volt, tanpa perlu Regulator Varibel.

Sempat otak-atik persamaan juga membuat rumus turunan dari VOut untuk mencari nilai R2, Yah... corat-coret dikertas dulu. Lalu saya coba tes program, Kok masih salah pada nilai R2-nya...? . pasti ada kesalahan rumus. Saya teliti lagi Eh benar. Saya jalankan programnya saya crosscek lagi antara Rumus pada VOut dengan R2, dan ternyata sudah benar.
Ini kodenya



Clean and Build Main Project dulu atau Shift + F11 :


Jalankan lewat cmd prompt:
file jar copi dulu ke e: (misal) yang ada di folder dist.


Atau Klik 2X pada File-nya


Mudahnya buat Shortcut/Pintasan ke Desktop:


Selesaiii....


Saya coba jalankan di Ubuntu UE 27 di Netbook:


Oke Bisa Jalan... Sekali buat program bisa untuk multiplatform OS
Free & Opensource....
Oya lupa letakkan image pada package project program java di src, form berikut saya build kembali.

Belajar adalah dari yang sederhana.
Sederhana perjalanan menuju ke yang lebih kompleks.
Banyak orang cari cara yang paling sederhana.

Cara mudah BELAJAR!

Cara sederhana dapatkan UANG!

Cara sederhana ..... dsb,. dsb. Oke ...?


0 comments: