Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Saturday, June 02, 2012

aku yang ingin bisa

"Ingin Pintar? Gampang!" itulah pertanyaan dan jawaban singkat sewaktu aku masih kecil + umur 10 tahun. Ketika itu tetanggaku sukanya ngoprek mainan elektronik seperti radio transceiver hasil merakit sendiri. Di saat itulah aku bertanya, "Pak...Saya ingin bisa elektronika seperti Bapak, bagaimana caranya?". Beliaunya menatapku sambil tersenyum, dan menjawab "O....mudah itu....!!, ini nih dengan punya ini...", sambil menunjukkan alatnya. Betapa herannya diriku, karena dengan alat solder saja bisa terus menjadi trampil. 
Maka tidaklah kupikir panjang aku langsung cari alat solder dan beberapa alat lain seperti multitester aku beli. Sampai di rumah akupun bingung lalu aku mau apa lagi, percuma saja aku punya kalau saja tidak bisa menggunakan. 

Tetanggaku tadi punya rak komponen elektronik yang bagus, seperti yang ada ditoko. Akupun ikut-ikutan cuma bedanya karena seorang anak kecil yang sukanya mainan maka meniru dengan rak-rakan yang terbuat dari wadah bekas korek api yang aku kumpulkan. Senangnya ketika aku bisa praktek menyolder membuat flip-flop, alarm dan bisa membaca skema rangkaian elektronik. Ketika itu akupun mengoleksi rangkaian elekrtonik dari berbagai sumber, saat itu aku dapatkan dari majalah Panyebar Semangat yang berbahasa jawa. 
Halaman majalah yang berisi artikel beserta skema elektronik aku ambil dan aku kliping menjadi sebuah buku kumpulan skema. Saat itu aku belum ada dan belum tahu adanya mesin fotocopy.....





0 comments: