Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Wednesday, July 29, 2009

Sensor Si Kecil Ngompol

Kasihan jika bayi Anda basah karena mengompol, ya kalau si kecil itu menangis sebagai tanda ketidak nyamanannya; Kalau tidak entah, mungkin kedinginan dan menjadi mudah sakit.
Untuk berupaya mencegah dari hal yang tak diinginkan saya mencoba membuat alat detektor basah jika bayi/ anak mengompol. Ini sedang dan telah saya ujicobakan dan berhasil.

awalnya saya temukan sensor menggunakan Tr BC109, tapi persediaan Tr saya tidak ada dan saya coba pakai Transistor lain tapi tak ada yang jadi. Akhirya saya coba-coba modifikasi sendiri rangkaiannya.
Gbr. skema contoh yang saya temukan


Skema sensor+ blok alarm yang telah jadi,
pada kaki basis Tr sensor ditambahkan variabel Resistor untuk kontrol kepekaan. Transistor tipe TUN


Alat yang ujungnya sebagai sensor lembab/basah

( Gambar dgn Portable CorelDrawX3)

5 comments:

Anonymous said...

sudah lama saya cari rangkaian sederhana ini, tapi disini kurang lengkap, terutama komponen yg dipakqi, juga barang jadinya...apakah saya bisa dapatkan bgmn caranya....mohon info via email saya : abr4ri@gmail.com

trims

MadN.Sodik said...

Rangkaian untuk sensor ini sudah sangat sederhana Mas...:
2 Transistor NPN misal c9013
1 Variable Resistor(VR)
dan 2 Ujung sensor dari logam/kabel kecil

Untuk alarmnya juga sederhana, banyak bisa cari digoogle.

Untuk komponen banyak tersedia di toko komponen elektronika dong ...!

Saya buat ini untuk anak saya, ya cuma satu buatnya he...he..he tapi antik banget...yang penting fungsinya. Saya utak atik juga 1 alat ini bisa untuk menyensor > 1 kelembaban/cairan/ompol bayi atau anak

Mbek said...

secara mekanikny gmn mas, biar air ompolnya bisa ngalir ke sensor ?
saya : ryan.mbek@gmail.com

MadN.Sodik said...

Sensor mendeteksi tingkat kelembaban ataupun basah, caranya bagian yang sering kena cairan sensor dipasang dan perlu ada pengaturan kepekaan menggunakan VR/potensiometer.

zomzom said...

siip