Kata-kata:

"Sejelek-jeleknya tulisan/catatan/postingan, adalah sebaik-baiknya ingatan. "(anonim).

Tuesday, July 07, 2009

Saklar Remote dengan Radio Frekuensi

Awalnya aku jalan-jalan ke toko elektronik, tanpa sengaja kulihat ada remote yang membuatku penasaran karena tak tahu fungsinya untuk apa. Kucoba kutanyakan kepada pelayan tokonya , "Tolong mbak aku ingin lihat remote yang itu, apa cuma satu?, Digunakan untuk apa sih remote ini?". Sang pelayan toko cuma mengambil alat itu dan menjawabnya tidak tahu, tapi setelah aku baca dari gambarnya bisa kuperkirakan fungsinya adalah untuk menyaklar aliran listrik, ya mesti saja sulit dimengerti petunjuknya karena menggunakan tulisan cina. Kubeli alat itu, karena tidak bisa dicoba di toko tersebut aku minta jaminan uang kembali atau tukar barang jika alat itu rusak. Ternyata sampai dirumah saya coba tidak jadi, dan ternyata nomor seri antara remote dengan receivernya berbeda, maka esok harinya aku tukar kembali. Karena kejadian sial itu tak ingin terjadi lagi aku berusaha agar alat tersebut bisa dicoba lagi di toko tersebut dengan kusertakan alat fitting, lampu dan kabel yang siap dipasang. Saking kesalnya aku katakan kepada pelayannya, jika alat itu jadi akan aku beli semua 3 alat itu semuanya, karena memang jumlah stok cuma 3. Ternyata benar, yang jadi masalah adalah baterai 12 Volt seri 23A yang sudah soak diganti dengan yang baru. Bukan karena terpaksa aku beli sesuai apa yang kukatakan sebelumnya. Keinginanku adalah aku bisa buat alat seperti itu bahkan lebih bagus lagi.
Amati Tiru dan Kembangkan, pada papan soket siap memprogram dengan IC mikrokontroler dengan Atmega 8 meski contoh yang kudapat skematik dan program RF remote switch dengan IC PIC16F84.
2 pasang Remote yang berbeda fungsi

terkumpul 5 buah remote untuk percobaan dan modifikasi, dua remote dari kiri saya beli di Kartosuro Surakarta

2 buah remote yang kanan (3 saklar berurutan) saya pakai untuk mensaklar 3 bagian kelompok lampu, lampu pertama adalah lampu luar, kedua adalah ruang depan dan ketiga adalah ruang tengah. Sedangkan Remote yang dua tombol masing-masing mempunyai fungsi On dan Off pada setiap tombolnya.

2 comments:

Sugiyarto said...

Bos aku pengin belajar program microntroler tolong di ajari dong bos... alate seng di butuhke opo wae lho.....

MadN.Sodik said...

Caranya:
1. Punya sumber belajar, mis. Ebook & Internet.
2. Siapkan alat dari yg sederhana dan murah dulu.
3. Belajarlah demi sedikit, tapi continue.